Prodi Pendidikan IPS Menyelenggarakan Workshop Penyusunan Visi dan Misi Bersama Alumni dan Stakeholder

Makassar, 3-4 Desember 2020 – Dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan dan menyesuaikan dengan kebutuhan zaman, Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) UNM menyelenggarakan workshop penyusunan visi dan misi yang baru. Acara ini diadakan di kampus Ruang Senat lt 2 Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FIS-H), dan dihadiri oleh berbagai pihak terkait, termasuk alumni, pengguna lulusan seperti Kepala Sekolah dan MGMP, serta perwakilan dari instansi pemerintah dan swasta.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengumpulkan masukan dari berbagai pihak yang memiliki kepentingan terhadap pengembangan program studi Pendidikan IPS, sehingga visi dan misi yang dihasilkan dapat mencerminkan kebutuhan pasar kerja serta perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dengan demikian, lulusan diharapkan tidak hanya memiliki keahlian akademik yang mumpuni, tetapi juga keterampilan yang relevan dengan kebutuhan dunia kerja saat ini.

Workshop ini dibuka oleh Dekan FIS-H, Prof. Dr. Jumadi, M.Si., yang dalam sambutannya menekankan pentingnya adaptasi dan inovasi dalam penyusunan visi dan misi. “Kita harus mampu menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi di masyarakat dan dunia kerja. Penyusunan visi dan misi yang baru ini diharapkan dapat menjadi landasan yang kuat bagi pengembangan kurikulum dan kegiatan pembelajaran di Program Studi Pendidikan IPS,” ujar Prof. Hendra.

Selama workshop, peserta dibagi ke dalam beberapa kelompok diskusi untuk membahas berbagai aspek yang harus diperhatikan dalam visi dan misi baru, termasuk integrasi teknologi dalam pembelajaran, peningkatan soft skills mahasiswa, serta strategi untuk meningkatkan kualitas lulusan yang kompetitif di tingkat nasional maupun internasional.

Salah satu alumni yang hadir, Habibi, S.Pd.,M.Pd, dosen Universitas Manado, mengungkapkan harapannya agar program studi Pendidikan IPS dapat lebih mengintegrasikan keterampilan digital dalam kurikulumnya. “Di era digital ini, sangat penting bagi lulusan Pendidikan IPS untuk memiliki keterampilan digital yang memadai. Hal ini akan sangat membantu mereka dalam bersaing di pasar kerja,” ujar Habibi

Kegiatan workshop ini diharapkan dapat menghasilkan visi dan misi yang tidak hanya aspiratif tetapi juga realistis dan relevan dengan kebutuhan dunia pendidikan dan kerja saat ini. Hasil dari workshop ini akan dirumuskan lebih lanjut dan dijadikan sebagai panduan dalam pengembangan program studi Pendidikan IPS Universitas Negeri Makassar ke depan.

Penyusunan visi dan misi yang baru ini merupakan langkah awal yang penting dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan relevansi lulusan Program Studi Pendidikan IPS dengan kebutuhan dunia kerja. Universitas Negeri Makassar berkomitmen untuk terus berinovasi dan beradaptasi dengan perubahan yang terjadi, demi mencetak lulusan yang tidak hanya unggul secara akademik tetapi juga siap menghadapi tantangan masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *