Tiga TIM PKM Prodi Pendidikan IPS berhasil lolos pendanaan PKM 5 Bidang tahun 2020

Universitas Negeri Makassar berhasil menempati peringkat ke- 8 di antara seluruh perguruan tinggi di Indonesia pada Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi tahun 2020. PKM merupakan salah satu upaya untuk menumbuhkan, mewadahi, dan mewujudkan ide kreatif serta inovatif mahasiswa.

Diantara yang lolos pendanaan pada PKM 5 Bidang, Fakultas Ilmu Sosial berhasil meloloskan 14 Tim dan 3 diantaranya berasal dari Program Studi Ilmu Pendidikan Sosial (PIPS). Mahasiswa yang berhasil lolos diantaranya:

  1. Nur Azisah yang didampingi oleh Bapak Muh. Said, S.Pd., M.Pd., dengan judul “Analisis Nilai Religi Siri Na Pacce pada Wanita di Kabupaten Gowa.”
  2. Aulia Mukhlisa yang didampingi oleh Ibu Hasni, S.Pd., M.Pd., dengan judul “ Kingking Lipa’na Gadis Bugis Makassar sebagai Manifestasi Nilai Moral Perempuan Sulawesi.”
  3. Muhammad Ihsan Nur yang juga didampingi oleh Ibu Hasni, S.Pd., M.Pd., dengan judul “Eksistensi Mattingoro Tedong Suku Toraja di Tengah Turistifikasi.”

Menurut ikhsan, salah satu ketua tim yang lolos pendanaan PKM 5 bidang tahun 2020, untuk menuju PIMNAS 2020 sebenatanya tidak ada persiapan khusus yang dilakukan hanya dengan mengikuti panduan step by step saja. Meskipun begitu saya selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik karena dari awa sayaberniat mengikuti PKM bukan karena kepentingan pribadi tapi untuk mencari solusi bagi masyarakat dapat mempertahankan budaya dan tradisi yang dimiliki, ungkap Ikhsan.

Ikhsan juga sangat berharap semoga bisa lolos ke tahap selanjutnya dan yang terpenting semoga dengan adanya penelitian ini dapat memberikan informasi dan nilai positif kepada masyarakat luas tentang penelitan yang saya lakukan.

Salah satu pembimbing, Hasni S.Pd., M.Pd berharap agar mahasiswa yang lolos pada PKM ini segera melaksanakan penelitian dan mengumpulkan data-data pendukung untuk luaran penelitian, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan selama pandemi ini dan sangat berharap mendapatkan juara emas kategarori presentasi dan poster.

Begitu juga ungkapan dari bapak Muh Said, S.Pd., M.Pd, Saya harus memaksimalkan tim dalam melakukan penelitian, langkah demi langkah harus diperhatikan sesuai dengan panduan yang ada di Belmawa. Tim juga perlu dilatih (coaching) secara intensif khususnya dalam pemaparan hasil penelitian. Harapannya bisa lolos ke PIMNAS  dan mendapatkan medali nantinya.

Kedepannya PIPS akan terus mendukung kegiatan-kegiatan mahasiswa dan tentu saja berusaha untuk memotivasi dan membimbing mahasiswa agar berpartisipasi aktif pada setiap kegiatan-kegiatan kemahasiswaan yang dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dan atau Instansi-instansi lainnya.